Kamis, 28 Maret 2024

INTIP RAHASIA E-COMMERCE LAKUKAN PEMASARAN

 

INTIP RAHASIA E-COMMERCE LAKUKAN PEMASARAN

Apa itu E Commerce ???
E Commerce atau perdagangan elektronik adalah sebuah istilah untuk semua jenis bisnis seperti penjualan dan pembelian serta pemasaran barang atau jasa melalui sistem elektronik seperti internet, website, atau jaringan komputer lainnya. Contoh-contoh  e-commerce : tokopedia,lazada,shopee,bukalapak,dll
Pekembangan e-commerce terus meningkat dan perilaku konsumen dalam berbelanja online terjadi perubahan yang sangat signifikan. Demi mengejar petumbuhan bisnis yang semakin update, sebuah brand atau perusahaan tidak boleh sampai tertinggal dan mampu untuk tetap  bersaing di era digital ini.
Cara-Cara e-commerce dalam melakukan pemasaran yaitu :
1.      Menetapkan Tujuan dan Target Pasar
Tujuan, merupakan hal pertama yang wajib anda pikirkan saat hendak melakukan pemasaran terhadap website e-commerce, pikirkanlah apa yang menjadi tujuan utama anda membuka website e-commerce, buatlah tujuan yang terfokus. misalnya, anda hendak membuka website e-commerce untuk produk kecantikan untuk itu, fokuskanlah website tersebut untuk produk kecantikan. Saat anda memilih tujuan mau diarahkan kemana website e-commerce tersebut, anda wajib menganalisa target pemasaran yang dapat terbagi atas 3, antara lain:
1.      Pelanggan dengan berpenghasilan kebawah
2.      Pelanggan dengan berpenghasilan menengah kebawah
3.      Pelanggan dengan berpenghasilan menengah keatas
2.      STRATEGI
Adapun langkah-langkah menyusun strategi tersebut antara lain
1.      Mengidentifikasi wilayah dan konsumen
2.      Menganalisa wilayah, jangkauan dan customer
3.      Mengobservasi apa yang menjadi kebutuhan yang paling dibutuhkan di sana.
4.      Melakukan Promosi E-commerce
5.      Menyusun testimoni saat konsumen mulai menyukai produk yang terdapat di situs e-commerce anda.
3.      PLATFORM DAN WEBSITE E-COMMERCE
Memilih platform e commerce yang terbaik adalah hal yang cukup penting untuk mengelola toko online. Hal yang paling penting yang anda lakukan memastikan memiliki nama toko dengan halaman produk, tetapi juga memiliki beberapa halaman tentang perusahaan, halaman kontak, bagian blog, sumber berita, website atau halaman lainnya. Website e-commerce yang sesuai dengan produk yang di tawarkan dan mampu menjaga keamanan data serta komunikasi pelanggan. Perlu memperhatikan kehandalan sistem yang biasa di sebut dengan stateless web server dan statefull web server.
4.      GUNAKAN TEKNIK PEMASARAN MEDIA SOSIAL
Ada cara untuk menggunakan jaringan sosial untuk mempromosikan bisnis e-commerce Anda selain pemasaran media sosial standar yang mungkin sedang Anda lakukan. Misalnya, Anda dapat menggunakan Instagram iklan lokal yang memungkinkan Anda untuk penargetan geo iklan Anda dan memberikan diskon dan penawaran khusus untuk pelanggan setia melalui halaman Instagram bisnis Anda. Melakukan penggunaan iklan video marketing, mengiklankan produk, penggunaan blog dan promosi media social lainnya yang dapat anda gunakan dalam pemasaran media sosial anda yang memungkinkan orang untuk menilai bisnis Anda dan meninggalkan ulasan atau tips. Hal ini penting untuk tetap aktif di situs seperti ini karena mereka pasti bermanfaat bagi bisnis Anda.




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar