Semua
orang bisa menjalankan bisnis, asal memiliki modal mereka bisa memulai
usahanya. Namun, apakah usaha yang dijalankan bisa berjalan dengan baik
itu lain cerita. Dalam bisnis ada banyak komponen yang diatur agar
mencapai tujuan bersama dan mendulang keuntungan. Bisnis bisa berjalan
dengan baik karena di dalamnya ada sistem yang berjalan dengan baik.
Umumnya sistem itu berhubungan dengan manajemen
bisnis yang baik diikuti dengan inovasi yang terus dilakukan tanpa
henti. Singkatnya manajemen bisnis harus ada dalam setiap usaha meski
skalanya mikro sekali pun.
Pengertian Manajemen Bisnis
Manajemen
adalah sebuah proses merencanakan, mengorganisasi sampai mengendalikan
kegiatan apa pun termasuk usaha. Hal ini dilakukan untuk mencapai tujuan
bersama secara efektif dan efisien melalui pemanfaatan sumber daya.
Sementara
itu untuk manajemen bisnis merupakan proses perencanaan hingga
pengendalian kegiatan usaha yang dilakukan dengan memanfaatkan segala
sumber daya yang ada dan memaksimalkan hasil yang didapatkan.
Singkatnya
manajemen bisnis adalah kegiatan pengaturan di berbagai sektor yang
dimiliki perusahaan secara efektif dan efisien untuk mendapatkan hasil
maksimal. Semua bisa berjalan dengan baik kalau ada kerja sama yang baik
di dalam sistem dan tidak bekerja sendiri-sendiri.
Agar Kamu Semakin Paham, Simak Beberapa Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli Berikut:
1. Menurut F.W.Taylor , manajemen adalah seni mengetahui apa yang harus dilakukan dan melihat bahwa itu dilakukan dengan cara sebaik mungkin.
2. Henri Fayol,
melihat manajemen sebagai kegiatan meramalkan, merencanakan, mengatur,
memerintahkan, mengoordinasi, dan mengendalikan kegiatan orang lain.
3. Menurut Koontz dan Wihrich,
manajemen adalah proses merancang dan memelihara lingkungan di mana
individu bekerja sama dalam kelompok secara efisien demi mencapai tujuan
yang dipilih.
4. Megginson, Mosley dan Pietri mendefinisikan
manajemen sebagai kegiatan bekerja dengan bagian SDM, keuangan ataupun
sumber lainny auntuk mencapai tujuan organisasi dengan melakukan fungsi
perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan kontrol.
Dari
Berbagai Pengertian Manajemen Di Atas Bisa Dipahami Bahwa Ada Tiga
Karakteristik Utama Yang Menentukan Sebuah Proses Manajemen, Yakni:
1.
Fokus pada tujuan organisasi. Visi manajemen adalah berfokus pada
pencapaian misi utama organisasi. Manajemen akan menggunakan setiap
fungsi untuk mencapai tujuan tersebut
2.
Proses yang berkelanjutan dan terkait. Manajemen mengharuskan kegiatan
dan fungsi terkait satu sama lain dan saling melengkapi
3. Melibatkan sumber daya perusahaan. Manajemen harus didukung dengan orang-orang serta sumber daya yang tepat.
Jenis Manajemen Yang Diperlukan Untuk Bisnis
Komponen
di dalam perusahaan ada banyak dan setiap bagian memiliki manajemen
atau pengaturan yang berbeda-beda. Secara umum manajemen dalam bisnis
terbagi menjadi beberapa hal di bawah ini.
1. Manajemen Keuangan
Manajemen
keuangan adalah pengaturan keuangan yang dilakukan untuk menyeimbangkan
arus masuk dan keluar. Segala hal terkait dengan keuangan termasuk
penjualan, pembelian, utang, dan piutang harus dicatat dengan baik untuk
memudahkan pemeriksaan dan pembuatan laporan keuangan.
2. Manajemen SDM
Dalam
perusahaan besar pasti ada banyak orang yang akan bekerja dan terlibat
secara langsung di dalamnya. Kalau semua orang tidak ada sistem yang
mengatur, kekacauan akan terjadi. Misal tidak datang tepat waktu hingga
tidak mampu melakukan pekerjaan sesuai dengan job description yang
diberikan.
Itulah
kenapa ada pekerjaan manajer hingga orang di bagian HRD. Adanya
pekerjaan itu akan memudahkan pengaturan sumber daya manusia yang
dimiliki. Tanpa pengaturan yang baik, tujuan atau target dari perusahaan
akan sulit tercapai.
3. Manajemen Pemasaran
Pemasaran
juga harus diatur dengan baik. Kalau sampai orang yang bekerja di
pemasaran ini tidak mampu melakukan pekerjaannya, produk akan sulit
laku. Itulah kenapa manajemen pemasaran sangat penting untuk menentukan
aneka strategi agar produk diterima dan menarik perhatian calon
konsumen.
4. Manajemen Operasional
Manajemen
operasional berhubungan dengan kegiatan sehari-hari dan produksi. Misal
operasional untuk pembuatan barang mulai dari bahan baku sampai ke
mesin dan listrik. Selanjutnya untuk belanja perusahaan seperti kertas
hingga ke pantry. Semua harus diatur dengan baik agar kegiatan di
perusahaan berjalan lancar.
Fungsi Manajemen Dalam Perusahaan
Fungsi
manajemen sendiri terpisah dari fungsi operasional perusahaan karena
bergantung pada tingkat organisasi tersebut. Adapun beberapa fungsi
manajemen adalah:
1. Perencanaan
2. Pengorganisasian
3. Staffing
4. Pengarahan
5. Kontrol
Unsur-Unsur Manajemen
Untuk
menjalankan fungsi manajemen, perusahaan membutuhkan tools atau sumber
daya yang dikatakan sebagai unsur manajemen.Unsur-unsur manajemen
tersebut antara lain:
1. Man.
Sumber daya manusia sebagai salah satu unsur paling penting. SDM akan
menentukan cara kerja dan keberhasilan dari unsur manajemen lainnya
untuk menjapai tujuan dan sasaran organisasi dan perusahaan.
2. Money. Uang dibutuhkan sebagai modal untuk memenuhi kebutuhan dan pengelolaan bisnis untuk mencapai tujuan akhir perusahaan.
3. Material. Selain SDM perusahaan membutuhkan bahan atau materi sebagai sarana untuk mencapai hasil yang diinginkan.
4. Machine. Penggunaan mesin untuk efisiensi kerja dan menghasilkan keuntungan yang diinginkan.
5. Methods.
Tata cara kerja yang digunakan untuk memastikan pekerjaan dapat
berjalan lancar dengan mempertimbangkan segala unsur seperti waktu,
uang, usaha, fasilitas dan sasaran yang ada.
6. Market.
Tempat menyebarkan hasil produksi kepada konsumen. Penting bagi
perusahaan untuk menguasai pasar demi kelangsungan aktivitas usaha.
Contoh Penerapan Manajemen Bisnis Yang Baik
Banyak
wirausahawan terburu-buru saat baru memulai usaha sehingga dalam
perjalanannya mengakibatkan masalah. Fungsi manajemen tim akan
menjauhkan perusahaan dari masalah tersebut. Berikut rekomendasinya
untuk memulai bisnis perusahaan:
1. Fungsi manajemen akuntansi,
keuangan penggajian, hutang-piutang, pajak, dan laporan keuangan harus
dicatat. Alur catatan akuntansi yang akurat untuk pencatatan keuangan
sangat penting.
2. Fungsi manajemen sumber daya manusia, diperlukan manajemen SDM untuk membuat kebijakan dan prosedur mengenai karyawan.
3. Fungsi manajemen fasilitas,
ketika perusahaan sudah memiliki kantor atau bangunan produksi,
terdapat kewajiban pemeliharaan, pembersihan, dan pemeliharaan yang
terus berlanjut.
4. Fungsi manajemen teknologi informasi, setiap perusahaan bergantung pada teknologi untuk menjalankan bisnisnya.
5. Fungsi manajemen konsumen, konsumen merupakan sumber utama penghasilan perusahaan yang perlu dikelola dan diberikan pelayanan terbaik.
6. Fungsi manajemen website perusahaan,
situs web organisasi seringkali menjadi kesan pertama yang dimiliki
calon pelanggan terhadap suatu perusahaan. Situs web yang dibuat dengan
matang, teratur, dan ramah pengguna sangat penting untuk menarik dan
mempertahankan konsumen.
7. Fungsi manajemen sosial media,
sosial media telah menjadi standar baru untuk pemasaran bisnis.
Keuntungannya platform tidak mahal untuk dilakukan, tapi membutuhkan
waktu, keterampilan, dan strategi.
8. Fungsi manajemen search engine,
kebanyakan orang saat ini menggunakan internet untuk mencari bisnis
atau jasa. Pastikan situs web perusahaan kamu memiliki profil di semua
halaman bisnis mesin pencari.
9. Fungsi manajemen work-life balance, sebagai pemilik perusahaan, sangat penting untuk menjaga keseimbangan hidup profesional dan personal yang sehat.
10. Fungsi manajemen waktu luang,
pemilik dan karyawan perusahaan perlu bersenang-senang dan meluangkan
waktu untuk memastikan perusahaan menjadi tempat yang menyenangkan untuk
bekerja.
Jika kamu ingin sukses dalam meningkatkan efisiensi operasional perusahaan,
beberapa hal di atas perlu kamu ketahui dan terapkan dengan baik.
Pasalnya, manajemen yang baik adalah hal yang penting dimiliki setiap
perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar