Sabtu, 09 Maret 2024

Kunci Sukses Perusahaan Adalah Penerapan Manajemen Bisnis Yang Baik

 Semua orang bisa menjalankan bisnis, asal memiliki modal mereka bisa memulai usahanya. Namun, apakah usaha yang dijalankan bisa berjalan dengan baik itu lain cerita. Dalam bisnis ada banyak komponen yang diatur agar mencapai tujuan bersama dan mendulang keuntungan. Bisnis bisa berjalan dengan baik karena di dalamnya ada sistem yang berjalan dengan baik. Umumnya sistem itu berhubungan dengan manajemen bisnis yang baik diikuti dengan inovasi yang terus dilakukan tanpa henti. Singkatnya manajemen bisnis harus ada dalam setiap usaha meski skalanya mikro sekali pun.
Pengertian Manajemen Bisnis
Manajemen adalah sebuah proses merencanakan, mengorganisasi sampai mengendalikan kegiatan apa pun termasuk usaha. Hal ini dilakukan untuk mencapai tujuan bersama secara efektif dan efisien melalui pemanfaatan sumber daya.
Sementara itu untuk manajemen bisnis merupakan proses perencanaan hingga pengendalian kegiatan usaha yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sumber daya yang ada dan memaksimalkan hasil yang didapatkan.
Singkatnya manajemen bisnis adalah kegiatan pengaturan di berbagai sektor yang dimiliki perusahaan secara efektif dan efisien untuk mendapatkan hasil maksimal. Semua bisa berjalan dengan baik kalau ada kerja sama yang baik di dalam sistem dan tidak bekerja sendiri-sendiri.
Agar Kamu Semakin Paham, Simak Beberapa Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli Berikut:
1. Menurut F.W.Taylor , manajemen adalah seni mengetahui apa yang harus dilakukan dan melihat bahwa itu dilakukan dengan cara sebaik mungkin.
2. Henri Fayol, melihat manajemen sebagai kegiatan meramalkan, merencanakan, mengatur, memerintahkan, mengoordinasi, dan mengendalikan kegiatan orang lain.
3. Menurut Koontz dan Wihrich, manajemen adalah proses merancang dan memelihara lingkungan di mana individu bekerja sama dalam kelompok secara efisien demi mencapai tujuan yang dipilih.
4. Megginson, Mosley dan Pietri mendefinisikan manajemen sebagai kegiatan bekerja dengan bagian SDM, keuangan ataupun sumber lainny auntuk mencapai tujuan organisasi dengan melakukan fungsi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan kontrol.

Dari Berbagai Pengertian Manajemen Di Atas Bisa Dipahami Bahwa Ada Tiga Karakteristik Utama Yang Menentukan Sebuah Proses Manajemen, Yakni:
1. Fokus pada tujuan organisasi. Visi manajemen adalah berfokus pada pencapaian misi utama organisasi. Manajemen akan menggunakan setiap fungsi untuk mencapai tujuan tersebut
2. Proses yang berkelanjutan dan terkait. Manajemen mengharuskan kegiatan dan fungsi terkait satu sama lain dan saling melengkapi
3. Melibatkan sumber daya perusahaan. Manajemen harus didukung dengan orang-orang serta sumber daya yang tepat.

Jenis Manajemen Yang Diperlukan Untuk Bisnis
Komponen di dalam perusahaan ada banyak dan setiap bagian memiliki manajemen atau pengaturan yang berbeda-beda. Secara umum manajemen dalam bisnis terbagi menjadi beberapa hal di bawah ini.
1. Manajemen Keuangan
Manajemen keuangan adalah pengaturan keuangan yang dilakukan untuk menyeimbangkan arus masuk dan keluar. Segala hal terkait dengan keuangan termasuk penjualan, pembelian, utang, dan piutang harus dicatat dengan baik untuk memudahkan pemeriksaan dan pembuatan laporan keuangan.
2. Manajemen SDM
Dalam perusahaan besar pasti ada banyak orang yang akan bekerja dan terlibat secara langsung di dalamnya. Kalau semua orang tidak ada sistem yang mengatur, kekacauan akan terjadi. Misal tidak datang tepat waktu hingga tidak mampu melakukan pekerjaan sesuai dengan job description yang diberikan.
Itulah kenapa ada pekerjaan manajer hingga orang di bagian HRD. Adanya pekerjaan itu akan memudahkan pengaturan sumber daya manusia yang dimiliki. Tanpa pengaturan yang baik, tujuan atau target dari perusahaan akan sulit tercapai.
3. Manajemen Pemasaran
Pemasaran juga harus diatur dengan baik. Kalau sampai orang yang bekerja di pemasaran ini tidak mampu melakukan pekerjaannya, produk akan sulit laku. Itulah kenapa manajemen pemasaran sangat penting untuk menentukan aneka strategi agar produk diterima dan menarik perhatian calon konsumen.
4. Manajemen Operasional
Manajemen operasional berhubungan dengan kegiatan sehari-hari dan produksi. Misal operasional untuk pembuatan barang mulai dari bahan baku sampai ke mesin dan listrik. Selanjutnya untuk belanja perusahaan seperti kertas hingga ke pantry. Semua harus diatur dengan baik agar kegiatan di perusahaan berjalan lancar.
Fungsi Manajemen Dalam Perusahaan
Fungsi manajemen sendiri terpisah dari fungsi operasional perusahaan karena bergantung pada tingkat organisasi tersebut. Adapun beberapa fungsi manajemen adalah:
1. Perencanaan
2. Pengorganisasian
3. Staffing
4. Pengarahan
5. Kontrol
Unsur-Unsur Manajemen
Untuk menjalankan fungsi manajemen, perusahaan membutuhkan tools atau sumber daya yang dikatakan sebagai unsur manajemen.Unsur-unsur manajemen tersebut antara lain:
1. Man. Sumber daya manusia sebagai salah satu unsur paling penting. SDM akan menentukan cara kerja dan keberhasilan dari unsur manajemen lainnya untuk menjapai tujuan dan sasaran organisasi dan perusahaan.
2. Money. Uang dibutuhkan sebagai modal untuk memenuhi kebutuhan dan pengelolaan bisnis untuk mencapai tujuan akhir perusahaan.
3. Material. Selain SDM perusahaan membutuhkan bahan atau materi sebagai sarana untuk mencapai hasil yang diinginkan.
4. Machine. Penggunaan mesin untuk efisiensi kerja dan menghasilkan keuntungan yang diinginkan.
5. Methods. Tata cara kerja yang digunakan untuk memastikan pekerjaan dapat berjalan lancar dengan mempertimbangkan segala unsur seperti waktu, uang, usaha, fasilitas dan sasaran yang ada.
6. Market. Tempat menyebarkan hasil produksi kepada konsumen. Penting bagi perusahaan untuk menguasai pasar demi kelangsungan aktivitas usaha.

Contoh Penerapan Manajemen Bisnis Yang Baik
Banyak wirausahawan terburu-buru saat baru memulai usaha sehingga dalam perjalanannya mengakibatkan masalah. Fungsi manajemen tim akan menjauhkan perusahaan dari masalah tersebut. Berikut rekomendasinya untuk memulai bisnis perusahaan:
1. Fungsi manajemen akuntansi, keuangan penggajian, hutang-piutang, pajak, dan laporan keuangan harus dicatat. Alur catatan akuntansi yang akurat untuk pencatatan keuangan sangat penting.
2. Fungsi manajemen sumber daya manusia, diperlukan manajemen SDM untuk membuat kebijakan dan prosedur mengenai karyawan.
3. Fungsi manajemen fasilitas, ketika perusahaan sudah memiliki kantor atau bangunan produksi, terdapat kewajiban pemeliharaan, pembersihan, dan pemeliharaan yang terus berlanjut.
4. Fungsi manajemen teknologi informasi, setiap perusahaan bergantung pada teknologi untuk menjalankan bisnisnya.
5. Fungsi manajemen konsumen, konsumen merupakan sumber utama penghasilan perusahaan yang perlu dikelola dan diberikan pelayanan terbaik.
6. Fungsi manajemen website perusahaan, situs web organisasi seringkali menjadi kesan pertama yang dimiliki calon pelanggan terhadap suatu perusahaan. Situs web yang dibuat dengan matang, teratur, dan ramah pengguna sangat penting untuk menarik dan mempertahankan konsumen.
7. Fungsi manajemen sosial media, sosial media telah menjadi standar baru untuk pemasaran bisnis. Keuntungannya platform tidak mahal untuk dilakukan, tapi membutuhkan waktu, keterampilan, dan strategi.
8. Fungsi manajemen search engine, kebanyakan orang saat ini menggunakan internet untuk mencari bisnis atau jasa. Pastikan situs web perusahaan kamu memiliki profil di semua halaman bisnis mesin pencari.
9. Fungsi manajemen work-life balance, sebagai pemilik perusahaan, sangat penting untuk menjaga keseimbangan hidup profesional dan personal yang sehat.
10. Fungsi manajemen waktu luang, pemilik dan karyawan perusahaan perlu bersenang-senang dan meluangkan waktu untuk memastikan perusahaan menjadi tempat yang menyenangkan untuk bekerja.

Jika kamu ingin sukses dalam meningkatkan efisiensi operasional perusahaan, beberapa hal di atas perlu kamu ketahui dan terapkan dengan baik. Pasalnya, manajemen yang baik adalah hal yang penting dimiliki setiap perusahaan.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar